PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

JANAH, NOOR (2009) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050179.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
A410050179.pdf

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas VIIC SMP Muhammadiyah 1 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti,guru matematika dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif melalui tiga alur meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikn kesimpulan. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses penelitian, untuk selanjutnya diambil melalui latihan-latihan soal pacsa setiap putaran selama tiga putaran. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan kreativitas belajar matematika siswa yang meliputi kektifan dan perhatian belajar siswa dari 2,5 % sebelum tindakan, 7,5% pada putaran I, 10% pada putaran II, menjadi 25% pada akhir penelitian. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari 12,5% sebelum penelitian, 40% pada putaran I, 55% pada putaran II, menjadi 60% pada akhir penelitian. Dengan adanya peningkatan kedua aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan kreativitas siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, pembelajaran-kooperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jan 2010 08:51
Last Modified: 15 Nov 2010 19:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5587

Actions (login required)

View Item View Item