PENERAPAN MODEL THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH ( PTK Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah I Kudus )

HANIF, ABDUL (2009) PENERAPAN MODEL THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH ( PTK Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah I Kudus ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050145.pdf

Download (169kB)
[img] PDF
A410050145.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah pada pokok bahasan volume kubus dan balok melalui strategi The Power of Two. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas V SD Muhammadiyah Kudus sebagai subyek pemberi tindakan dengan dibantu oleh Kepala Sekolah dalam perencanan dan seluruh siswa kelas V B SD Muhammadiyah I Kudus yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan metode tes. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara Kepala Sekolah, guru matematika dan peneliti. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode The Power of Two yang diterapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari aspek : 1) kemampuan siswa dalam memahami pertanyaan sebelum tindakan 72,97% dan diakhir tindakan 100%, 2) kreativitas pemilihan rencana sebelum tindakan 27,03% dan diakhir tindakan 90%, 3) kemampuan mencoba rencana sebelum tindakan 27,03% dan diakhir tindakan 90%, 4) ketelitian siswa dalam memeriksa jawaban sebelum tindakan 21,62% dan diakhir tindakan 90%, 5) refleksi siswa dari apa yang telah dilakukan sebelum tindakan 8,11% dan diakhir tindakan 82,5%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah permasalahan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dapat diatasi melalui metode The Power of Two.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Siswa, Pemecahan Masalah, The Power of Two
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jan 2010 08:41
Last Modified: 15 Nov 2010 19:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5585

Actions (login required)

View Item View Item