UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN “SAVI“ (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP N I Masaran Sragen)

RAHARJO, YOYOK BASUKI (2009) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN “SAVI“ (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP N I Masaran Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050049.pdf

Download (43kB)
[img] PDF
A410050049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematika melalui pendekatan pembelajaran SAVI. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP N 1 Masaran, Sragen yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, metode tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara diskriptif kualitatif yang dilakukan dengan analisis interaktif. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran selama tiga putaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI telah mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa yaitu kemampuan mengajukan dugaan yang sebelum tindakan hanya 3 siswa setelah tindakan menjadi 32 siswa. Kemampuan memanipulasi matematika sebelum tindakan hanya 4 siswa dan setelah tindakan menjadi 25 siswa. Kemampuan menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi dari 5 siswa sebelum tindakan menjadi 29 siswa setelah tindakan. Kemampuan menarik kesimpulan dari suatu pernyataan sebelum tindakan 10 siswa setelah tindakan meningkat menjadi 34 siswa. Kemampuan memeriksa kesahihan suatu argumen sebelum tindakan 4 siswa dan setelah tindakan menjadi 30 siswa. Kemampuan menemukan pola atau gejala matematis dari 6 siswa sebelum tindakan menjadi 31 siswa setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penalaran, pendekatan pembelajaran SAVI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jan 2010 08:29
Last Modified: 15 Nov 2010 19:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5582

Actions (login required)

View Item View Item