PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE QUANTUM TEACHING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di kelas VII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo)

SHODIQ, MUNAWIR (2009) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE QUANTUM TEACHING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di kelas VII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050021.PDF

Download (171kB)
[img] PDF
A410050021.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode quantum teaching pada pokok bahasan jajargenjang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP N 2 Gatak, Sukoharjo. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC yang berjumlah 40 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII-C. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Data di analisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dilakukan dalam bentuk interaktif dengan pengumpulan data sebagai suatu proses siklus. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode quantum teaching dapat mengurangi kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dilihat dari aspek 1). banyaknya siswa yang berani bertanya dari sebelum tindakan (5%) meningkat sebanyak (65%) pada akhir tindakan; 2). banyaknya siswa yang berani mengungkapkan gagasan sebelum adanya tindakan penelitian sebanyak (7,5%) meningkat sebanyak (62,5%) pada akhir tindakan; 3). banyaknya siswa yang berani mengerjakan soal di depan kelas sebelum adanya tindakan sebanyak (10%) meningkat sebanyak (32,5%) pada akhir tindakan. Pembelajaran dengan metode quantum teaching juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari aspek 1). banyaknya siswa yang dapat mengerjakan soal dengan benar sebelum adanya tindakan penelitian (7,5%) meningkat sebanyak (77,5%) pada akhir tindakan; 2) banyaknya siswa yang terampil menggunakan alat peraga sebelum adanya tindakan sebanyak (0%) meningkat sebanyak (80%) pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode quantum teaching dapat mengurangi tingkat kecemasan siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Hasil Belajar, Quantum Teaching.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jan 2010 08:16
Last Modified: 13 Nov 2010 04:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5580

Actions (login required)

View Item View Item