PENERAPAN PENDEKATAN TELAAH YURISPRUDENSI DAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2008/2009 MTsN TINAWAS NOGOSARI BOYOLALI

NUR HAYATI, NASRI (2009) PENERAPAN PENDEKATAN TELAAH YURISPRUDENSI DAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2008/2009 MTsN TINAWAS NOGOSARI BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040193.pdf

Download (57kB)
[img] PDF
A410040193.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, (3) interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan segitiga dan segi empat. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs N Tinawas Nogosari tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 145 siswa. Sebagai sampel diambil 2 kelas yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum dilakukan perlakuan penelitian dilakukan uji keseimbangan untuk mengetahui kemampuan awal yang sama dengan menggunakan uji t, uji analisis yang digunakan adalah uji t-test. Teknik analisis data adalah analisis variansi dua jalan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian dengan = 1% dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan dari metode pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikan 0,001 < 0,01, (2) ada pengaruh yang signigikan dari aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikan 0,002 < 0,01, (3) tidak ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran matematika dan aktivitas belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika dengan diperolehnya nilai signifikan 0,248 > 0,01.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: telaah yurisprudensi, aktivitas belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jan 2010 08:11
Last Modified: 02 May 2011 10:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5579

Actions (login required)

View Item View Item