MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI II UPTD DIKPORA KECAMATAN LAWEYAN SURAKARTA

MAWASID, NURTESTI HANDAYANI (2009) MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI II UPTD DIKPORA KECAMATAN LAWEYAN SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040117.pdf

Download (39kB)
[img] PDF
A410040117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan pemahman konsep sifat-sifat bangun ruang siswa menggunakan model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas V dan Kepala Sekolah. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari II UPTD Dikpora Kecamatan Laweyan Surakarta sejumlah 21 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan tiga kali putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pokok yang meliputi observasi dan catatan lapangan dan metode bantu yang meliputi wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriftif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari penyajian data, reduksi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) model pembelajaran mind mapping dapat meningkatan pemahaman konsep sifat-sifat bangun ruang siswa, hal ini dapat dilihat dari: (a) siswa yang mengemukakan pendapat dan pertanyaan, dari 5% sebelum tindakan menjadi 68% pada akhir tindakan, (b) siswa yang menjawab pertanyaan, dari 23% sebelum tindakan menjadi 84% pada akhir tindakan, (c) siswa yang menjelaskan pada teman, dari 10% menjadi 63% pada akhir tindakan. 2) pemahaman konsep siswa dalam materi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan kelulusan belajar siswa dari 48% sebelum tindakan menjadi 84% pada tindakan terakhir.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Mind Mapping.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jan 2010 08:06
Last Modified: 15 Nov 2010 19:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5578

Actions (login required)

View Item View Item