PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008/2009

KHAERUDIN, KHAERUDIN (2009) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040075.pdf

Download (60kB)
[img] PDF
A410040075.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura yang berjumlah 242 dan sampel penelitian ini sebanyak 150 siswa. Tehnik sampling yang digunakan adalah tehnik random sampling dengan mengambil sampel sebagian kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji regresi ganda, uji F, uji t dan determinasi (R2). Hasil analisis data dengan persamaan regresi berganda ditemukan formulasi Y = 65,301+0,059X1+0,012X2. Berdasarkan pengujian secara serempak (uji F) pada α = 5 %. Dimana sig < α atau 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh positif antara kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Sedangkan pengujian (t-test) diperoleh hasil sig = 0,005 untuk variabel kemandirian belajar dan sig = 0,000 untuk variabel motivasi belajar dengan α = 0,05. Hal ini berarti 0,005 < 0,05 dan 0,000 < 0,05 yang berarti variabel kemandirian belajar mempunyai pengaruh yang signifikans terhadap prestasi belajar matematika dan variabel motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikans terhadap prestasi belajar matematika. Kemudian hasil determinasi (R2) diperoleh angka koefisien determinasi sebesar 0.571 %. Hal ini berarti 57,1 % variasi prestasi belajar dipengaruhi atau dijelaskan oleh variasi perubahan kemandirian belajar dan motivasi belajar. Sementara sisanya 42,9 % diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. Dengan demikian keseluruhan hipotesis teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian, motivasi dan prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jan 2010 08:02
Last Modified: 02 May 2011 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5577

Actions (login required)

View Item View Item