PENGARUH PENGGUNAAN METODE KONSTRUKTIVISME PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 PUCAKWANGI KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2004/2005

FADMAWATI, DWI (2009) PENGARUH PENGGUNAAN METODE KONSTRUKTIVISME PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 PUCAKWANGI KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410000236.pdf

Download (107kB)
[img] PDF
_A410960023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)

Abstract

DWI FATMAWATI. A.410 960 023. Pengaruh penggunaan Metode Konstruktivisme Pada Pokok Bahasan Lingkaran Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Pucakwangi Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan PMIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. 2008 Tujuan dari penelitian adalah 1). Untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan Lingkaran ditinjau dari perbedaanpenggunaan metode pembelajaran. 2). Untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Lingkaran ditinjau dari perbedaan motivasi belajar siswa. 3).Untuk mengetahui adanya interaksi metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Lingkaran. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas II SMP Negeri 1 Pucakwangi Pati Tahun Pelajaran 2004 /2005. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak dua kelas dengan jumla h siswa 78 orang. Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa : 1. Tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Lingkaran ditinjau dari perbedaan metode pembelajaran, dengan Foa = 0,688 dan harga Ftabel = 3,99. Fhitung < Ftabel maka Hoa diterima. 2. Ada perbedaan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Lingkaran ditinjau dari perbedaan motivasi belajar , dengan Fob = 19,228 dan harga Ftabel = 3,99. Fhitung > Ftabel maka Hob ditolak. 3. Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan Lingkaran Foab = 0,688 dan harga Ftabel = 3,99 . Fhitung < Ftabel maka Hoab diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Konstruktivisme, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jan 2010 07:43
Last Modified: 15 Nov 2010 19:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5574

Actions (login required)

View Item View Item