PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PEMECAHANNYA (Studi Kasus Pada Siswa SMP Muhammadiyah 04 Sukorejo Kendal Tahun Ajaran 2007/2008)

Sukria, Ahmad (2008) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PEMECAHANNYA (Studi Kasus Pada Siswa SMP Muhammadiyah 04 Sukorejo Kendal Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000050097.pdf

Download (247kB)
[img] PDF
G000050097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an dan As-Sunnah yang merupakan sumber utama agama Islam, hendaknya menjadi bahasa yang dimegerti atau dikuasai oleh umat Islam, khususnya disekolah-sekolah islam yang mengajarkan bahasa Arab, perlu memahami problem-problem pembelajaranya, dalam rangka menghasilkan siswa yang berkualitas berbahasa Arab. Skripsi ini membahas tentang problematika pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 04 Sukorejo dan pemecahannya yang bertujuan untuk mengetahui problem-problem yang timbul dalam pembelajaran bahasa arab dan bagaimana solusi yang ditempuh, Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diwawancarai. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis dengan pendekatan deskriptif analitik dengan cara berpikir deduktif da induktif. Belajar bahasa Arab di Indonesia tidak lepas dari dua problem, problem Linguistik (ilmu bahasa) dan problem sosial psikologis, problem pembelajaran bahasa arab disekolah timbul dari beberapa faktor yaitu faktor tujuan, faktor guru, faktor siswa, faktor materi, faktor media atau alat dan faktor lingkungan. Metode pendekatan pembelajaran bahasa Arab ada dua teori yaitu teori kesatuan (nadhariyatul wihdah) dan teori bagian-bagian (nadhariyatul furu). Adapun teknik pengajaran basaha Arab ada dua yaitu direct method dan indirect method. Beberapa metode dalam pembelajaran bahasa Arab antara lain, metode tata bahasa-terjemahan (gramatika-translation), metode percakapan (muhadatsah), metode mendengar dan mengucapkan (phonetic), metode membaca (muthala’ah) dan metode campuran (electic method). Hasil penelitian ini berupa problematika pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 04 Sukorejo yaitu: Siswa banyak yang belum bisa membaca tulisan Arab dengan baik, kemampuan siswa yang kurang, kurang lengkapnya media pembelajaran, lingkungan luar sekolah belum dapat diharapkan membantu pembelajaran bahasa Arab, Waktu yang tersedia sangatlah kurang, perbedaan yang jauh antara bahasa arab dengan bahasa yang digunakan siswa. Adapun solusi yang diambil adalah sebagai berikut, memberikan kegiatan ektrakulikuler BTA, memulai pembeljaran bahasa Arab dengan Muthalaah, memberikan tugas-tugas membaca tulisan Arab, memberikan perhatian khusus dan tugas-tugas yang tidak terlalu sulit, mamanfaatkan dan mengotimalkan media pembelajaran yang ada, memberikan tugas-tugas kelompok yang dikerjakan bersama-sama terutama materi muhadatsah, menggunakan dan mengoptimalkan waktu yang ada, Memberikan materi yang sesuai dengan dengan kemampuan siswa. Adapun saransaran untuk sekolah tersebut adalah pembuatan media sederhana untuk bahasa Arab, menyusun materi bahasa Arab sendiri dan bagi siswa agar mengukuti kegiatan TPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2010 03:41
Last Modified: 13 Nov 2010 04:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5565

Actions (login required)

View Item View Item