PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Eksperimen Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Wedarijaksa Pati Tahun Ajaran 2006/2007)

Dianingsih, Dianingsih (2008) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Eksperimen Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Wedarijaksa Pati Tahun Ajaran 2006/2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030113.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap prestasi belajar matematika dan mengetahui pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika serta mengetahui pengaruh interaksi metode resitasi dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Wedarijaksa Pati Tahun ajaran 2006/2007 berjumlah 184 siswa. Sampel ditentukan sejumlah 94 siswa terdiri dari dua kelas, Satu kelas untuk kelompok eksperimen dan satu kelas untuk kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dengan cara undian terhadap kelas. Metode pengambilan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data aktivitas siswa, dan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan annava dua jalan, sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan metode lillifors dan uji homogenitas dengan metode barlett. Pengujian terhadap hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan (1) Pembelajaran matematika melalui metode resitasi dan konvensional, terdapat perbedaan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 4.508 > Ftabel = 4,001, (2) Pembelajaran matematika yang ditinjau dari aktivitas belajar siswa, terdapat perbedaan prestasi belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya F hitung = 26.112 > Ftabel = 3,150, (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya F hitung = 1.591< F tabel = 3,150.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Resitasi, Prestasi Belajar, Aktivitas Belajar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 26 Sep 2008 02:50
Last Modified: 17 Nov 2010 11:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/555

Actions (login required)

View Item View Item