Analisis Proteksi Rele Diferensial Pada Trafo Gardu Induk Konsumen Tegangan Tinggi Di Gardu Induk Semen Merah Putih Rembang

Rohman, Ulul Fauzani and , Agus Supardi, S.T., M.T (2017) Analisis Proteksi Rele Diferensial Pada Trafo Gardu Induk Konsumen Tegangan Tinggi Di Gardu Induk Semen Merah Putih Rembang. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
Naskah Publikasi..pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan)
Surat Pernyataan Publikasi Ulul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB) | Request a copy

Abstract

Transformator daya merupakan peralatan penting yang perlu dilindungi dari berbagai gangguan guna menjaga cara kerjanya supaya tetap optimal. Salah satu sistem yang dapat digunakan sebagai pengaman trafo daya adalah rele diferensial. Rele diferensial berperan sebagai pengaman utama yang bekerja dengan cara mebandingkan arus masuk dan arus keluar. Selain itu, rele dapat mendeteksi adanya gangguan pada trafo dan akan menginstruksikan pemutus tegangan (PMT) untuk trip. Rele diferensial dapat bekerja dengan baik jika didukung dengan setting yang tepat. Ketepatan dalam melakukan setting perlu dilakukan supaya sistem proteksi dapat bekerja dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode sekunder yang bekerja sama dengan PLN Rembang dan Gardu Induk di PT. Semen Merah Putih Indonesia Rembang Jawa Tengah sebagai sumber data serta didukung dengan jurnal-jurnal yang sesuai dengan penelitian yang sedang dilakukan. Data yang diperoleh dari sumber terlebih dahulu diseleksi sesuai kebutuhan kemudian diolah menggunakan perhitungan manual. Perhitungan yang digunakan meliputi nilai arus nominal, arus rating, arus sekunder pada CT, arus differensial, arus restrain, setting kecuraman, arus setting, nilai rasio current transformer (CT), error mismatch dan gangguan pada trafo daya. Hasil perhitungan arus rating menunjukkan nilai 577,36 A pada sisi tegangan rendah dan pada sisi tegangan tinggi 86,47 A. Hasil perhitungan arus rating mendapat nilai rasio CT (current transformer), nilai rasio CT yang digunakan, dipilih berdasarkan nilai CT yang tersedia dipasaran. pada transfomator sisi tegangan rendah sebesar 800:1 A, untuk sisi tegangan tinggi sebesar 80:1 A. Untuk nilai error mismatch pada sisi tegangan tinggi sebesar 1,466 % dan pada tegangan rendah sebesar 0,68 %. Kemudian untuk arus sekunder pada CT (current transmisi) mendapat nilai 0,96 A pada tegangan tinggi dan 0,65 A pada tegangan rendah. Arus diferensial menunjukkan selisih nilai sebesar 0,31 A. Selanjutnya pada arus restrain (penahan) mendapat nilai 0,805 A. Untuk hasil perhitungan arus setting sebesar 0,3 A, dengan harapan setting yang didapat menjadi sistem proteksi transformator bisa bekerja secara optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: rele diferensial, sistem proteksi, transformator daya
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: ULUL FAUZANI ROHMAN
Date Deposited: 11 Aug 2017 08:02
Last Modified: 11 Aug 2017 08:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/54862

Actions (login required)

View Item View Item