PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DENGAN STRUCTURAL EQUATION MODELLING (Studi Kasus di RSUD. Dr. Moewardi Surakarta)

Utomo, Jangkung Rahmadi (2008) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DENGAN STRUCTURAL EQUATION MODELLING (Studi Kasus di RSUD. Dr. Moewardi Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
D600030130.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)

Abstract

Kualitas pelayanan rumah sakit dapat diketahui dari penampilan profesional personil rumah sakit, efisiensi dan efektifitas pelayanan serta kepuasan pasien. Sedangkan kepuasan pasien dapat ditentukan oleh keseluruhan pelayanan, baik berupa pelayanan administrasi, dokter, perawat, makanan, obat-obatan, sarana dan peralatan, fasilitas dan lingkungan fisik rumah sakit. Persaingan yang semakin ketat akhir-akhir ini menuntut sebuah lembaga penyedia jasa atau layanan untuk selalu memanjakan konsumen atau pelanggan dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Para pelanggan akan mencari produk atau jasa dari perusahaan yang dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepadanya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh unsur kualitas pelayanan yang terdiri dari unsur tenaga, unsur sarana, kebijakan dan manajemen, pelayanan dokter, pelayanan perawat, pelayanan makanan pasien, pelayanan apotek, pelayanan administrasi serta pelayanan kebersihan yang ada di RSUD Dr. Moewardi Surakarat terhadap kualitas pelayanan yang ada RSUD Dr. Moewardi Surakarta dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta terhadap kepuasan konsumen rawat inap RSUD Dr. Moewardi Surakarta Populasi pada penelitian ini adalah pengguna jasa rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta. Jumlah sampel yang diambil adalah sebesar 100 sampel. Alat analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program AMOS. Hasil analisis dengan program AMOS menunjukkan bahwa unsur pelayanan dokter, unsur pelayanan perawat, pelayanan administrasi dan pelayanan kebersihan berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan, karena mempunyai nilai CR di atas 1,960. Sedangkan untuk unsur tenaga, unsur sarana, kebijakan manajemen, pelayanan makanan, dan pelayanan apotek tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan karena mempunyai nilai CR di bawah 1,960. Sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini ditunjukkan dari nilai CR lebih besar 1,960.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Unsur kualitas pelayanan, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, Structural Equation Modelling
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Sep 2008 03:19
Last Modified: 21 Feb 2011 05:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item