UPAYA PERBAIKAN KUALITAS PRODUK KAIN GREY DENGAN PENERAPAN METODE SEVEN TOOLS DAN NEW SEVEN TOOLS ( Studi Kasus di PT. LOKATEX. Pekalongan )

Saksono, Norman (2008) UPAYA PERBAIKAN KUALITAS PRODUK KAIN GREY DENGAN PENERAPAN METODE SEVEN TOOLS DAN NEW SEVEN TOOLS ( Studi Kasus di PT. LOKATEX. Pekalongan ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img] PDF
D600010123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mutu merupakan faktor dasar yang mempengaruhi pilihan konsumen terhadap produk dan jasa, karena itu perusahaan harus selalu berupaya menemukan kunci keberhasilan dalam hal mutu demi kepuasan pelanggan. Lantai produksi yang ada di PT LOKATEX merupakan tempat pengamatan dalam Tugas akhir ini dimana ada banyak permasalahan yang terlihat selama proses produksi berlangsung menemukan ketidaksesuaian produk, anatara lain: slab/nep, pakan jarang, pakan rangkap, pakan akhir, lusi putus. Penyebabnya disebabkan oleh beberapa factor yaitu: Manusia, mesin, metode dan lingkungan kerja. Kondisi tersebut memerlukan perbaikan dan perhatian khusus, sehingga kecacatan produk kain grey dapat diminimasi. Faktor-faktor yang di analisa terkait dengan penelitian ini yaitu menggunakan metode seven tools dan new seven tools. Adapun pada seven tools yang di gunakan adalah Peta Kendali u, Diagram pareto, Diagram Sebab Akibat. Sedangkan pada new seven tools yaitu menggunakan matriks diagram. Langkah-langkah penelitian adalah sebagai berikut Identifikasi jenis cacat, pengumpulan data cacat produk, penerapan peta Kendali u, identifikasi assignable of variations, identifikasi penyebab cacat dominan, menentukan tindak pengurangan kecacatan, pengolahan dan analisa data serta memberikan kesimpulan dan saran. Hasil yang di peroleh setelah dilakukan penelitian diketahui bahwa penyebab cacat dominan adalah kelelahan pada saat kerja, sedang prioritas tindakan yang akan di usulkan adalah dengan memberikan memberikan selingan istirahat, menyediakan kursi di sebelah mesin untuk operator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Seven tools dan new seven tools
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Sep 2008 02:40
Last Modified: 21 Feb 2011 06:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item