ANALISIS POSTUR KERJA PEKERJA UD. SUMBER JAYA DENGAN METODE OWAS (OVAKO WORKING POSTURE ANALYSIS SYSTEM) (Studi kasus: UD. Sumber Jaya, Suruh, Semarang)

Musfiroh, Siti (2008) ANALISIS POSTUR KERJA PEKERJA UD. SUMBER JAYA DENGAN METODE OWAS (OVAKO WORKING POSTURE ANALYSIS SYSTEM) (Studi kasus: UD. Sumber Jaya, Suruh, Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
D600030153.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peranan manusia sebagai sumber tenaga kerja masih diminan dalam menjalankan proses produksi. Salah satu bentuk peranan manusia adalah aktivitas pembuatan produk. Aktivitas yang berat dan berulang-ulang menyebabkan resiko gangguan musculoskeletal pada bagian otot, urat syaraf, urat daging, tulang, persendian tulang, dan tulang rawan. UD. Sumber Jaya adalah sebuah industri kecil yang memproduksi batako, dimana sebagian besar aktivitasnya cenderung rawan cidera musculoskeletal. Dari hasil wawancara pekerja, ditemukan adanya keluhan-keluhan khususnya bagian punggung dan kaki akibat, hal ini akibat dari postur kerja yang salah. Pada penelitian ini berusaha mengidentifikasi dan menganalisa postur kerja pekerja untuk mengetahui kondisi postur kerja saat ini. Adapun metode yang digunakan adalah metode OWAS, metode ini mengelompokkan postur kerja menjadi empat kategori postur kerja dan rekomendasi perbaikan postur kerja. Dari hasil penelitian dan identifikasi didapatkan postur kerja pada kategori 3, pekerja 1, 22%; pekerja 2, 12%; pekerja 3, 22%. Pada kategori 4 hanya pekerja 1, 6%. Karena masih banyak ditemukan postur kerja yang rawan musculoskeletal maka perlu adanya perbaikan. Rekomendasi perbaikan yang harus dilakukan adalah mengubah sikap kerja pada bagian kaki dan punggung, karena pada bagian tersebut mengalami pembebanan akibat postur kerja yang salah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Musculoskeletal, Postur Kerja, Metode OWAS, Kategori Sikap Kerja, Rekomendasi Perbaikan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Sep 2008 02:22
Last Modified: 21 Feb 2011 06:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item View Item