PENERAPAN PENDEKATAN FUZZY SERVQUAL DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN (Studi Kasus : Rumah Sakit Islam Surakarta)

Handoyo, A. Ikhlas (2008) PENERAPAN PENDEKATAN FUZZY SERVQUAL DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN (Studi Kasus : Rumah Sakit Islam Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
D600020102.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)

Abstract

Rumah sakit merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa yang terus berhubungan dengan pelanggan (pasien). Dengan demikian perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan sehingga para pasien merasa nyaman dan puas. Demikian juga dengan Rumah Sakit Islam Surakarta (YARSIS). Sehingga perlu adanya sebuah metode untuk mengukur kualitas pelayanan tersebut. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifkasi permasalahan/ kekurangan pelayanan kepada pelanggan YARSIS. angkah-langkah pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penyebaran kuisioner dari beberapa kriteria. Kriteria-kriteria tersebut diperoleh melalui wawancara dan studi pustaka. Metode yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan menggunakan Fuzzy Servqual. Hasil pengolahan data, diperoleh bahwa semua kriteria memiliki nilai gap negatif, hal ini berarti bahwa Rumah Sakit YARSIS sangat perlu melakukan perbaikan disegala bidang. Terutama yang berhubungan dengan pelayanan pasien. Setelah gap antara persepsi pelanggan dan harapan pelanggan di ranking menunjukkan bahwa tujuh kriteria memiliki nilai yang sama yaitu -0,100. kriteria tersebut adalah kriteria 4, 10, 16, 17, 18 ,19 dan 20. sedangkan yang memiliki gap terendah pada kriteria kecepatan palayanan medis pada pasien dengan nilai - 0,367.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Servqual, Kualitas Pelayanan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Sep 2008 02:10
Last Modified: 11 Jan 2011 06:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item