ANALISA KUALITAS MATERIAL BEBERAPA PRODUK CRANK SHAFT SEPEDA MOTOR TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS

CHANAFI, IRWAN (2007) ANALISA KUALITAS MATERIAL BEBERAPA PRODUK CRANK SHAFT SEPEDA MOTOR TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D200980154.pdf

Download (114kB)
[img] PDF
D200980154.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik perbedaan bahan material penyusun masing-masing crank shaft berdasarkan sifat fisis maupun mekanis dengan membandingkan hasil-hasil pengujian komposisi kimia, struktur mikro dan kekerasan, sehingga dapat dipilih suatu produk yang mempunyai sifat paling keras (sebagai tempat bantalan-bantalan) dan tahan gesekan / keausan akibat putaran mesin. Bahan uji yang digunakan pada penelitian ini adalah spare part atau suku cadang asli sepeda motor yaitu crank shaft produk Honda Grand, produk Tossa dan produk Suzuki Shogun. Pengujian yang dilakukan adalah : komposisi kimia, struktur mikro dan kekerasan. Uji komposisi kimia dilakukan dengan 3 kali penembakan gas argon pada bagian penampang crank shaft. Sedangkan pengamatan struktur mikro dilakukan pada bagian tepi dan tengah (dalam) penampang crank shaft. Dan untuk pengujian kekerasan metode yang dipakai adalah Micro Vickers dengan tiga posisi titik kekerasan, yaitu : tepi, transisi dan tengah (dalam) pada penampang melintang crank shaft. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pada penujian komposisi kimia didapatkan kadar karbon (C) produk crank shaft Honda Grand 0,534 %, produk crank shaft Tossa sebesar 0,345 % dan produk Suzuki Shogun sebesar 0,644 %. Pada pengamatan struktur mikro produk crank shaft Suzuki Shogun bagian tepi terdapat fasa martensit, perlit dan ferit, bagian tengah terdapat fasa bainit, perlit dan ferit. Untuk produk crank shaft Honda Grand bagian tepi terdapat fasa bainit, perlit dan ferit, bagian tengah terdapat fasa perlit dan ferit. Sedangkan produk crank shaft Tossa fasa bainit, ferit dan perlit terdapat pada bagian tepi dan bagian tengah didapatkan fasa perlit dan ferit. Untuk pengujian kekerasan diperoleh harga kekerasan rata-rata tertinggi crank shaft pada produk Suzuki Shogun sebesar 548,9 VHN, disusul produk Honda Grand sebesar 293,4 VHN dan harga kekerasan terendah produk Tossa sebesar 278,9 VHN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: crank shaft, Honda Grand, Tossa, Suzuki Shogun
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2009 07:05
Last Modified: 15 Nov 2010 21:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5405

Actions (login required)

View Item View Item