IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII SLTP N 1 SUBAH BATANG TAHUN AJARAN 2007/2008

Solikhin, Solikhin (2008) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII SLTP N 1 SUBAH BATANG TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030092.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran dengan RME dan Konvensional pada siswa kelas VIII SLTP N 1 Subah Batang, penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksperimen, yang akan digunakan untuk menyelidiki sebab-akibat dengan memberikan perlakuan-perlakuan tertentu pada kelompok Eksperimen dan menyediakan kelompok Kontrol sebagai perbandingan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SLTP N 1 Subah yang terdiri dari lima kelas. Sampel diambil dua kelas, yaitu sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengambilan sampel dengan random sampling secara berkelompok. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes sebagai metode pokok dan metode dokumentasi sebagai metode Bantu. Teknik analisis yang digunakan dengan menggunakan rumus t-test. Dari pengolahan hasil analisis data yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa; 1). pada α= 5 % diperoleh t hit =3,234 dan t tab =1,96 yang berarti t hit > t tab , maka H0 ditolak. Dengan demikian maka terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran RME dan pembelajaran konvensional. 2). dengan diketahui besar mean kelompok eksperimen 6,150 dan mean kelompok kontrol 4,825, dapat dikatakan siswa yang dikenai metode pembelajaran RME lebih baik dari pada metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan RME, Pembelajaran Konvensional, Prestasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 25 Sep 2008 02:12
Last Modified: 17 Nov 2010 11:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item View Item