PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING)(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta)

Pramudiyatna, Aristyatiwi (2008) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING)(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B_200_030_235.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)

Abstract

Perataan laba dapat didefinisikan sebagai cara yang digunakan manajemen untuk mengurangi fluktuasi laba yang dilaporkan agar sesuai dengan target yaung diinginkan baik secara artificial maupun riil (Atmini, 2000). Tindakan perataan laba telah dianggap sebagai tindakan yang umum dilakukan oleh manajemen untuk mencapai maksud tertentu. Sample yang digunakan berjumlah 69 perusahaan yang terdaftar dibursa efek Jakarta selama tiga tahun, mulai tahun 2003 s/d 2005. metode statistic yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Univariate yaitu kolmogrof-smirnov Test, Mann Whitney U Test, dan Independent sample T-Test serta uji Multivariaet dengan menggunakan Regresi Logistik (logistic regression). Untuk menghitung indeks perataan laba dengan menggunakan indeks Eckel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage faktor perusahaan tidak mempengaruhi terhadap praktek perataan laba hasil analisis yang lain juga menujukan bahwa tidak ada perbedaan antara ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage faktor antara perusahaan perata laba dengan bukan perata laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage factor dan perataan laba
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Jul 2008 02:50
Last Modified: 02 Feb 2011 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item