PERANCANGAN SISTEM ESTIMASI BIAYA PADA PEMBUATAN PRODUK PESANAN DENGAN PENDEKATAN PROSES (Studi Kasus di: Unit Layanan Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Prasetyo, Teguh (2008) PERANCANGAN SISTEM ESTIMASI BIAYA PADA PEMBUATAN PRODUK PESANAN DENGAN PENDEKATAN PROSES (Studi Kasus di: Unit Layanan Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadaiyah Surakarta.

[img] PDF
D600030022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Unit Layanan Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah salah satu industri jasa pembuatan produk-produk berbahan baku logam yang berbasis Make To Order (MTO). Pada perusahaan berbasis MTO permasalahan yang muncul adalah system estimasi biaya produksi harus yang cepat, tepat dan akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan sebuah rancangan sistem informasi untuk dapat membantu perusahaan untuk melakukan estimasi biaya produksi. Penelitian dilakukan pada mesin CNC jenis milling, drilling dan turning. Pada mesin inilah produk pesanan akan diestimasi untuk memperoleh biaya produksi dalam menentukan harga dalam melakukan negoisasi dengan konsumen. Pada penelitian ini ah rancangan sistem informasi dengan menggunakan tools macro excel. Alat bantu estimasi ini dapat digunakan dengan membuka aplikasi microsoft excel. Satu file excel ini hanya bisa digunakan satu kali untuk satu project. Dari hasil studi kasus dengan produk ragum pesanan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dapat disimpulkan bahwa (1) Penginputan data lebih cepat dan mudah (1-2 hari) jika dibandingkan dengan pengestimasian manual yang membutuhkan waktu ± 3 minggu. (2) Hasil estimasi menunjukkan harga sebuah produk ragum sebesar Rp 794.926,73 (3) Ukuran file program Cost Estimation 1.0.0 ini kecil yaitu 3,265 KB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Make to order, CNC, Estimasi Biaya, Macro Excel.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Sep 2008 01:47
Last Modified: 21 Feb 2011 06:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item View Item