STUDI TENTANG PENAMBAHAN UNSUR PADA ALUMINIUMPADUAN PISTON SEPEDA MOTOR TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS

FERDIANSYAH, SEPTA (2008) STUDI TENTANG PENAMBAHAN UNSUR PADA ALUMINIUMPADUAN PISTON SEPEDA MOTOR TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D200010167.pdf

Download (78kB)
[img] PDF
D200010167.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terhadap kualitas piston hasil cor ulang + 2 % Si dengan piston baru dengan cara membandingkan hasil pengujian yang meliputi : komposisi kimia, struktur mikro dan kekerasan untuk masing-masing merk (Honda, Yamaha dan Suzuki). Pada saat proses pencetakan spesimen piston hasil pengecoran ulang, untuk masing-masing merk ditambahkan unsur Si dengan penambahan 2 % dari berat total paduan (bahan baku tiap produk piston). Berat total paduan masing-masing produk adalah 4 kg sehingga tiap produk ditambahkan 80 gram Si. Dari hasil pengujian komposisi kimia menunjukkan material piston ketiga merk termasuk ke dalam paduan Al-Si-Cu. Sebelum cor ulang produk Honda didapatkan unsur : Al = 83,61 %; Si = 10,7 %; Cu = 2,81 %, untuk Yamaha (Al = 84,54 %; Si = 9,98 %; Cu = 2,72 %) dan Suzuki (Al = 83,88 %; Si = 10,4 %; Cu = 2,68 %). Setelah cor ulang + 2 % Si produk Honda (Al = 82,21 %; Si = 11,3 %; Cu = 3,07 %), untuk Yamaha (Al = 83,16 %; Si = 11,6 %; Cu = 1,65 %) dan Suzuki (Al = 82,37 %; Si = 11,8 %; Cu = 1,73 %). Dari pengamatan struktur mikro ketiga merk piston didapatkan fase : matriks Al, Si dan Cu Al2. Secara umum untuk semua merk sebelum dilakukan pengecoran ulang dengan penambahan 2 % Si tampak butiran Si kecil-kecil (halus merata) dan bebas porositas . Setelah dilakukan pengecoran ulang dengan penambahan 2 % Si tampak butiran Si kasar (besar-besar) dan didapatkan porositas. Dari pengujian kekerasan didapatkan penurunan harga kekerasan rata-rata setelah dilakukan pengecoran ulang dengan penambahan 2 % Si, yaitu Yamaha = 139,9 VHN setelah cor + 2% Si = 76,57 VHN. Sedang Honda = 135,5 VHN setelah cor + 2% Si = 80,54 VHN dan Suzuki = 131,3 VHN setelah cor + 2% Si = 87,9 VHN.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: piston, Honda, Yamaha, Suzuki, 2 % Si
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2009 04:03
Last Modified: 15 Nov 2010 21:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5379

Actions (login required)

View Item View Item