ALTERNATIF PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI SISTEM PENILAIAN KINERJA (Studi Kasus pada RSUD dr. Soediran Mangun Soemarso Kab. Wonogiri)

Esa , Farah (2009) ALTERNATIF PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI SISTEM PENILAIAN KINERJA (Studi Kasus pada RSUD dr. Soediran Mangun Soemarso Kab. Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200050253.pdf

Download (157kB)
[img] PDF
B200050253.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B200/B2000...

Abstract

Rumah Sakit merupakan organisasi yang tujuannya bukan semata-mata menghasilkan laba bagi pemiliknya, melainkan menyediakan layanan (jasa) bagi masyarakat. Rumah Sakit lebih menitikberatkan pada pelayanan kesehatan, sehingga banyak tenaga di bidang kesehatan termasuk juga perawat kesehatan, karena perawat kesehatan termasuk dalam jasa personal atau sosial, maka rumah sakit juga dapat dikategorikan dalam jasa personal. Metode penelitian dalam pembuatan skripsi ini menggunakan jenis penelitian studi kasus pada RSUD dr. Soediran Mangun Soemarso dengan teknik pengumpulan datanya, yaitu dengan wawancara dan kuesioner. Kuesioner ini digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dan karyawan RSUD dr. Soediran Mangun Soemarso dan hasil kuesioner ini telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data terdiri dari klarifikasi misi, visi, dan strategi dan pengukuran dari keempat perspektif. Selama ini RSUD dr. Soediran Mangun Soemarso dalam mengukur kinerjanya masih menggunakan kinerja keuangan saja, belum menerapkan ukuran-ukuran non keuangan sebagai tolok ukur pengukuran kinerjanya. Balanced Scorecard merupakan alat ukur kinerja yang dilihat dari empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif konsumen, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Dengan menggunakan Balanced Scorecard dapat membantu rumah sakit dalam menetapkan tujuan strateginya yang secara keseluruhan difokuskan untuk mencapai kinerja rumah sakit. Pengukuran kinerja RSUD dr. Soediran Mangun Soemarso yang menggunakan Balanced Scorecard pada perspektif keuangan diukur dari ROI dan Rasio Operasi. Perspektif konsumen diukur dari penguasaan kepuasan konsumen. Perspektif proses bisnis internal diukur dari Bed Ocuppancy Rate (BOR), Length of Stay (LOS), dan Turn Over Interval (TOI). Sedangkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan diukur dari tingkat produktivitas karyawan, retensi karyawan dan tingkat kepuasan karyawan. Dari hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa RSUD dr.Soediran Mangun Soemarso dapat menggunakan Balanced Scorecard sebagai alat ukur kinerjanya yang komprehensif dan dapat mengevaluasi kinerja yang dicapai sehingga dapat meningkatkan kinerja RSUD dr. Soediran Mangun Soemarso Kabupaten Wonogiri dalam mewujudkan visi dan misin

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 11 Dec 2009 08:27
Last Modified: 15 Nov 2010 21:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5376

Actions (login required)

View Item View Item