ANALISIS STRATEGI PEMASARAN CITY CAR TOYOTA YARIS BERDASARKAN SEGMENTASI POSITIONING DAN TARGETING (Studi Kasus pada PT. Toyota Auto 2000 Sunter Jakarta Utara)

Rachmawati, Frisky (2008) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN CITY CAR TOYOTA YARIS BERDASARKAN SEGMENTASI POSITIONING DAN TARGETING (Studi Kasus pada PT. Toyota Auto 2000 Sunter Jakarta Utara). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
D600030124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam kondisi Indonesia seperti sekarang ini , dimana kepadatan penduduk dan krisis ekonomi menjadi masalah maka konsumen mobil mulai mempertimbangkan banyak faktor dalam memilih mobil yang diinginkannya.Selain faktor harga dan hemat bahan bakar, mereka juga menginginkan mobil yang memadai untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas kota terutama kota-kota besar seperti Jakarta. Dengan pertimbangan tersebut, maka city car menjadi salah satu alternatif pilihan konsumen yang memiliki definisi sebagai mobil dengan ukuran kecil , tempat duduk tidak lebih dari 4 orang dewasa, dan kapasitas mesin tidak lebih dari 1500 cc, selain itu performa mesin juga menjadi perhitungan tersendiri PT. Toyota Astra Motor Corp sebagai produsen mobil memproduksi beberapa jenis city car antara lain Yaris dan Ist, dan PT. Toyota Auto 2000 sunter, sebagai dealer harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar dapat merebut pangsa pasar city car sehingga perusahaan dapat mempertahankan eksistensinya serta meningkatkan penjualan. Riset pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan data-data sekunder guna penyusunan kuesioner, kenudian menyebarkan kuesioner pendahuluan untuk mendapatkan informasi mengenai city car apa saja yang diketahui oleh responden dan atribut apa saja yang dipertimbangkan oleh mereka.Pengelompokan responden menggunakan analisis kluster (K- Means Cluster) berdasarkan atribut yang dipertimbangkan, setelah itu dilanjutkan analisis diskriminan untuk melihat lebih jelas perbedaan antar cluster lalu melakukan uji crostab dan chi-square antar segmen yang terbentuk dengan identitas responden dan perilaku konsumen. Dari hasil pengolahan kuesioner penelitian maka dapat diketahui bahwa karakteristik segmen 1 terdiri dari 39 orang yang tidak memiliki ciri khas tertentu dibandimgkan dengan segmen yang lain, sedangkan karakteristik segmen 2 terdiri dari 35 responden adalah orang orang yang mempertimbangkan atribut kehandalan mesin , mudah dalam perawatan dan fasilitas lengkap, dan pada segmen yang terakhir segmen 3 terdiri dari dari 36 responden adalah orang yang mempertimbangkan diantaranya citra atau image mobil di pasaran, spesifikasi kendaraan, hemat bahan bakar, panel instrumen, sistem keselamatan dan keamanan, dan kelincahan mobil. City car yang banyak dipilih adalah Yaris dan stasiun televisi yang sering di tonton RCTI, target dari 3 segmen ini adalah segmen 2 dan 3 tetapi berkonsentrasi pada segmen 3. Berdasarkan hasil pengolahan dan anlaisis data yang di lakukan usulan yang dapat diberikan untuk PT. Toyota Auto 2000 Sunter diantaranya adalah memepertahankan dan meningkatkan ketidakketergantungan terhadap komponen import sehingga dapat memenuhi keinginan konsumen dengan harga spare part yang terjangkau, menambah dealer dealer di daerah daerah yang potensial memperkuat jaringan distribusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Segmentasi, Positioning, Targeting, Toyota Yaris
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Sep 2008 06:21
Last Modified: 11 Jan 2011 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item View Item