Laporan Tahunan/Akhir Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (Pekerti)Pengembangan Model Surveilans Online Kasus HIV/TB Dengan Sistem Informasi Berbasis Spasial

Setiyadi, Noor Alis and , Jumadi (2014) Laporan Tahunan/Akhir Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (Pekerti)Pengembangan Model Surveilans Online Kasus HIV/TB Dengan Sistem Informasi Berbasis Spasial. Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Unpublished)

[img] PDF (Laporan Penelitian)
2. 1bendel lap akhir 10nov2015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penyakit tuberkulosis paru (TB) oleh World Health Organization (WHO) masih dinilai sebagai masalah kesehatan di dunia. Sejak tahun 1993 TB ditetapkan sebagai kedaruratan global. Surveilans adalah upaya pemantuan secara terus menerus untuk dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini mempunyai tujuan umum untuk merancang dan menerapkan model surveilans online kasus tuberkulosis dengan pendekatan sistem informasi geografis berbasis spatial. Adapun tujuan khususnya antara lain, membangun basis data kasus HIV/TB, menyediakan data bagi pemangku kepentingan untuk dijadikan dasar DSS (Decision Support System) dalam pemberantasan kasus HIV/TB. Metode yang digunakan antara lain telaah pustaka, identifikasi, analisis sistem, perancangan prototipe, implementasi prototipe, observasi, focus group discussion untuk menentukan model terbaik dari implementasi model surveilans online kasus tuberkulosis tersebut. Dari hasil identifikasi user, peneliti mulai merancang data flow diagram (DFD), entity relationship diagram (ERD), basis data dan desain interface sistem, serta bentuk data dan peta sebaran penderita. Sistem ini berbasis web base dan memanfaatkan fasilitas dari google maps. Manfaat yang diharapkan adalah peningkatan kompetensi keahlian peneliti TPP dalam menganalisis dan mengembangkan sistem dalam upaya deteksi dini pemberantasan HIV/TB.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: tuberkulosis, surveilans online, dan sistem informasi geografis
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 18 Jul 2017 08:07
Last Modified: 18 Jul 2017 08:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/53399

Actions (login required)

View Item View Item