ANALISIS PENGARUH CITRA RUMAH SAKIT DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN STUDY KASUS PADA : RS. PKU MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN

YULIANA, Yuliana (2009) ANALISIS PENGARUH CITRA RUMAH SAKIT DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN STUDY KASUS PADA : RS. PKU MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050165.pdf

Download (73kB)
[img] PDF
B100050165.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Rumah sakit dalam perkembangannya dituntut untuk menyesuaikan perkembangan teknologi dan apa yang dibutuhkan masyarakat. Sehingga dalam perkembangannya rumah sakit bisa bersaing dengan rumah sakit yang lain Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra rumah sakit, kepuasan pelanggan terhadap loyalitas. Populasi penelitian adalah pasien rawat inap RS PKU Muhammadiyah Delanggu Klaten dan diambil sampel sebanyak 100. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner, sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji signifikan (uji t dan uji F) dan uji koefisien determiminasi. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dari uji t diperoleh temuan bahwa citra rumah sakit dan kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan dimana t hitung > t tabel (3,232>1,6449<5,266). Kemudian dari dua variabel independen varibel citra mempunyai pengaruh lebih kuat disbanding variabel kepuasan pelanggan, dimana nilai koefisien regresi citra lebih besar dibanding kepuasan pelanggan (0,402>0,264) Dari hasil uji F menyatakan bahwa citra rumah sakit dan kepusan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dimana F hitung sebesar 52,669 dengan tingkat signifikan 0,000 <0,05%. Diperoleh R2 (R Sequare/ koefisien determinasi) sebesar 0,521 atau sebesar 52,1%. Yang artinya bahwa 52,1% variasi variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sementara 47,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: citra, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 09 Dec 2009 02:38
Last Modified: 15 Nov 2010 21:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5321

Actions (login required)

View Item View Item