FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN PASTA GIGI MEREK PEPSODENT DI KELURAHAN BANYUANYAR SURAKARTA

RAHMIYATI, AZIZAH (2009) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN PASTA GIGI MEREK PEPSODENT DI KELURAHAN BANYUANYAR SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050150.PDF

Download (107kB)
[img] PDF
B100050150.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey yang dilakukan terhadap pengguna pasta gigi merek pepsodent di Kelurahan Banyuanyar Kecamatan Banjarsari Surakarta. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data dari data primer adalah diperoleh melelui hasil kuesioner sedangkan sumber data dari data sekunder berupa buku, laporan penelitian, maupun literatur-literatur lain yang sesuai dengan penelitian ini. Teknik pengambilan sampel mengunakan metode random sampling yaitu suatu metode pemilihan sampel di mana setiap anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel yang representatif artinya mampu mewakili populasi yang diselidiki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses penyebaran kuesioner, wawancara dan observasi. Dari proses analisis yang dilakukan, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 0,179 + 0,262X1 + 0,222X2 + 0,165X3 + 0,185X4 + 0,157X5, berdasarkan nilai dari Standartlized Coefficients Beta dapat diketahui bahwa variabel yang paling dominan dalam mmberikan kontribusi terhadap tingkat kesetiaan merek (Brand Loyalty) adalah variabel kualitas produk (X1). Uji t yang dilakukan pada variabel kualitas produk (X1) diperoleh nilai thitung (2,581) > dari ttabel (1,960), berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Brand Loyalty (Y). Uji t pada variabel keunggulan pemakaian (X2) diperoleh nilai thitung (2,579) > dari t tabel (1,960), berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Brand Loyalty (Y). Uji t variabel komposisi (X3) diperoleh nilai thitung (2,182) > dari ttabel (1,960) berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Brand Loyalty (Y). Uji t variabel volume/isi (X4) diperoleh nilai thitung (2,299) > dari ttabel (1,960), berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Brand Loyalty (Y). Uji t variabel harga (X5) diperoleh nilai thitung (2,181) > dari ttabel (1,960), berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Brand Loyalty (Y). Hasil uji F yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai nilai Fhitung > Ftabel (11,475 > 2,29), berarti terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama (simultan) antara variabel kualitas produk, keunggulan pemakaian, komposisi, volume/isi, dan harga terhadap Brand Loyalty. Hasil dari koefisien determinasi menunjukkan bahwa besarnya sumbangan atau pengaruh yang diberikan variabel bebas adalah 37,9% (R2 = 0,379), terhadap Brand Loyalty.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas produk, keunggulan pemakaian, komposisi, volume/isi, harga, dan Brand Loyalty
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 09 Dec 2009 02:29
Last Modified: 13 Nov 2010 04:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5319

Actions (login required)

View Item View Item