Sistem Informasi Surveilans Tuberkulosis Berbasis Sistem Informasi Geografis Di Wilayah Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011

Setiyadi, Noor Alis (2011) Sistem Informasi Surveilans Tuberkulosis Berbasis Sistem Informasi Geografis Di Wilayah Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011. Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Unsoed.

[img] PDF (Artikel)
artikel ilmiah unsoed.pdf

Download (248kB)
Official URL: http://kesmas.unsoed.ac.id/content/prosiding-semin...

Abstract

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memasukkan penanggulangan penyakit tuberkulosis dalam tujuan pembangunan millennium (MDGs). Strategi Directly Observed Treatment Short-course (DOTS) masih dilakukan untuk mencapai indikator keberhasilan program, diantaranya indikator penjaringan suspek dan penemuan kasus (Case Detection Rate/CDR). Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan rancangan pengembangan sistem gabungan SDLC dan prototype. Pengembangan sistem ini menggunakan data sekunder dan data primer dengan wawancara dan konfirmasi. Pengembangannya meliputi basis data, perangkat lunak, antar muka menu manajemen data yang dapat membaharui data (updating data), layanan akses berbasis web dan sistem informasi geografis yang digunakan untuk menggambaran sebaran kasus secara online. Sistem informasi ini berguna untuk mempercepat pencatatan dan pelaporan penyakit tuberkulosis dan representasi analisis spasial diharapkan mampu menjadi alternatif informasi untuk membuat keputusan program tuberkulosis. Penelitian yang telah dilakukan ini telah menghasilkan rancangan sistem informasi surveilans di Kabupaten Sukoharjo yang dapat mengkoreksi dan mengendalikan input dan proses yang dapat menghasilkan data dan informasi yang berkualitas sehingga diharapkan sistem ini dapat memperkuat surveilans tuberkulosis.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi, Surveilans tuberkulosis
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 10 Jul 2017 07:38
Last Modified: 10 Jul 2017 08:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/53148

Actions (login required)

View Item View Item