PERSEPSI DOSEN AKUNTANSI DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI OLEH AKUNTAN PUBLIK (Survey di Universitas Muhammadiyah Surakarta)

FAUZAN , M. (2009) PERSEPSI DOSEN AKUNTANSI DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI OLEH AKUNTAN PUBLIK (Survey di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200040224.pdf

Download (40kB)
[img] PDF
B200040224.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B200/B2000...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan persepsi antara dosen akuntansi dan mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi terhadap teknologi informasi yang harus di kuasai oleh akuntan dalam mengamati cakupan muatan teknologi informasi dalam kurikulum pendidikan tinggi akuntansi serta melihat pendapat kedua kelompok terhadap peranan akuntan dalam perancangan sistem informasi berbasis komputer. Pengujian dilakukan terhadap data yang diperoleh dari kuesioner sebanyak 135 responden yang terdiri dari 23 responden yang berprofesi sebagai dosen akuntansi dan 112 responden yang berasal dari mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pengujian dilakukan dengan menggunakan uji independent sample test yang menguji pengetahuan tentang teknologi informasi yang harus dikuasai oleh akuntan publik dan mahasiswa ekonomi jurusan akuntansi meliputi pengetahuan keyboard, software, hardware, rancang sistem, paket akuntansi, EDP Audit, pemograman, network dan praktik sederhana. Berdasarkan hasil jajak pendapat terhadap cakupan muatan teknologi informasi yang harus dikuasai oleh akuntan publik, peneliti menemukan bahwa kurikulum pendidikan tinggi akuntansi dianggap kurang mampu memberi bekal pengetahuan teknologi informasi untuk terjun ke dunia kerja yang berbasis komputer. Sebagian besar responden mengusulkan sebaiknya pengetahuan teknologi informasi diperluas dengan mengintegrasikan ke mata kuliah tertentu. Hasil analisis data dengan menggunakan independent sample test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persepsi mahasiswa dan persepsi akuntan pendidik terhadap pengetahuan teknologi informasi tentang keyboard, software, hardware, paket akuntansi, pemograman dan praktek sederhana. Hal ini dapat diketahui dari nilai probabilitas hitung lebih besar dari nilai probabilitas penelitian 0,05. Sedangkan desain system EDP audit, dan network, terdapat perbedaan persepsi mahasiswa fakultas ekonomi akuntansi dan persepsi akuntan pendidik terhadap pengetahuan teknologi informasi. Hal ini dapat diketahui dari nilai probabilitas hitung lebih kecil dari nilai probabilitas penelitian 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, pengetahuan teknologi informasi, akuntan pendidik, mahasiswa ekonomi jurusan akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Dec 2009 08:38
Last Modified: 24 Oct 2011 09:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5214

Actions (login required)

View Item View Item