TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI APOTEK INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM AMAL SEHAT SRAGEN

HAFSAH, MUTTI’ATUN (2009) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI APOTEK INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM AMAL SEHAT SRAGEN. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
K100050213.pdf

Download (96kB)
[img] PDF
K100050213.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/K100/K1000...

Abstract

Kualitas pelayanan rumah sakit diketahui dari efisiensi dan efektivitas pelayanan rumah sakit. Kepuasan pasien ditentukan oleh keseluruhan pelayanan di rumah sakit. Salah satu pelayanan kesehatan yang perlu mendapatkan perhatian dari pihak rumah sakit adalah apotek rumah sakit. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan di apotek rumah sakit khususnya pasien rawat jalan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan di apotek di RSI Amal Sehat Sragen. Penelitian ini bersifat deskriptif non eksperimental. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 100 responden. Alat yang digunakan berupa kuesioner. Analisis data dengan membandingkan persepsi harapan pasien terhadap pelayanan dengan kenyataan, yang kemudian diinterpretasikan dalam kategori tingkat kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan semua pasien rawat jalan di apotek RSI Amal Sehat Sragen merasa puas terhadap informasi cara pakai obat, cara penyimpanan obat, tulisan aturan pakai obat, informasi efek samping obat, keterangan tindakan ketika lupa minum obat, waktu menunggu obat, fasilitas nomor antrian, keyakinan memperoleh obat dengan benar, kepahaman tentang informasi dari petugas apotek, pelayanan resep tanpa memandang status sosial, menanggapi keluhan pasien, informasi keberhasilan obat, komunikasi pasien dengan petugas, kenyamanan dan kebersihan ruang tunggu serta adanya brosur kesehatan. Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pasien, apotek RSI Amal Sehat Sragen

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan pasien, apotek RSI Amal Sehat Sragen
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 03 Dec 2009 08:05
Last Modified: 15 Nov 2010 22:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5203

Actions (login required)

View Item View Item