PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN BAGIAN PENJUALAN (Studi Survey Pada Showroom Sepeda Motor di Wilayah Surakarta)

Wahyuningsih, Tri (2008) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN BAGIAN PENJUALAN (Studi Survey Pada Showroom Sepeda Motor di Wilayah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B_200_030_049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)

Abstract

Perusahaan menginginkan pencapaian tujuan tanpa banyak mengalami kendala, diantaranya tujuan mencari laba, memenangkan persaingan, memenuhi kepuasan pelanggan. Namun permasalahan pencapaian tujuan tidak sesederhana yang dipikirkan pihak manajemen. Kendala-kendala utama yang timbul terutama dapat berasal dari para karyawan sebagai anggota organisasi, seperti rendahnya komitmen karyawan untuk tetap bekerja dalam jangka waktu yang ditentukan perusahaan. Kepuasan kerja merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kepuasan hidup, karena sebagian besar waktu manusia dihabiskan ditempat kerja. Kepuasan kerja adalah pertanda awal dari suatu komitmen organisasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasional terhadap kepuasan kerja karyawan bagian penjualan. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian penjualan yang bekerja pada showroom sepeda motor diwilayah Surakarta. Dari populasi diatas diambil sampel dengan metode purposive sampling dengan kriteria telah bekerja pada perusahaan itu selama tiga bulan, dan diperoleh sampel sebanyak 48 orang karyawan bagian penjualan. Alat analisis yang digunakan adalah meliputi instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas dan uji hipotesis menggunakan alat analisis regresi linier sederhana, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t variabel komitmen organisasional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas t sebesar 0,015, hasil probabilitas tersebut lebih kecil dari 0,05. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja, terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil uji F, diperoleh nilai F hitung sebesar 6,380 dengan probabilitas sebesar 0,015 (P < 0,05) berarti variabel komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komitmen organisasional, Kepuasan kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Jul 2008 02:35
Last Modified: 09 May 2011 05:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/52

Actions (login required)

View Item View Item