PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA ( Kelas VII Semester I SMP Negeri 3 Kartasura )

FITRIANA, YUANA (2008) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA ( Kelas VII Semester I SMP Negeri 3 Kartasura ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030011.pdf

Download (70kB)
[img] PDF
A410030011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh metode inquiry terhadap prestasi belajar matematik, (2) ada tidaknya pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar, (3) apakah terdapat interaksi antara metode mengajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Semester I SMP Negeri Kartasura Tahun Ajaran 2006/2007 yang terdiri dari enam kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik anava dua jalan sel tidak sama yang sebelum dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian data pada a = 5% menunjukkan : (1) terdapat pengaruh metode inquiry terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 10,52, (2) terdapat pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 12,37, (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap prestasi dengan Fhitung = 0,15

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode inquiry, prestasi belajar dan minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2009 08:15
Last Modified: 15 Nov 2010 22:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5159

Actions (login required)

View Item View Item