DAYA ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL 96% BUAH BELIMBING (Averrhoa carambola L.) DENGAN METODE 2,2-diphenyl-1-picrylhydrazyl (DPPH)

Sari, Maya (2008) DAYA ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL 96% BUAH BELIMBING (Averrhoa carambola L.) DENGAN METODE 2,2-diphenyl-1-picrylhydrazyl (DPPH). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
K100030131.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)

Abstract

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menghambat reaksi radikal bebas dalam tubuh. Beberapa studi epidemiologi menunjukkan bahwa mengkonsumsi antioksidan yang terdapat dalam buah dan sayuran dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit degeneratif. Salah satu tanaman asli Indonesia yang berkhasiat sebagai antioksidan adalah belimbing (A. carambola L.). Buah belimbing mengandung senyawa polifenol dan vitamin C. Senyawa itulah yang diduga memiliki aktivitas antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan ekstrak etanol 96% buah belimbing dibandingkan dengan vitamin C. Uji aktivitas antioksidan dilakukan pada ekstrak etanol 96% buah belimbing dengan menggunakan senyawa radikal sintetik DPPH. Ekstrak tersebut diperoleh dengan metode maserasi. Penetapan aktivitas antioksidan dilakukan dengan mengukur penurunan serapan 1,0 mL DPPH 0,4 mM oleh berbagai konsentrasi ekstrak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol 96% buah belimbing memiliki aktivitas antioksidan yang ditunjukkan oleh nilai IC50 sebesar 28,82±0,04 µg/mL sedangkan vitamin C 3,28 µg/mL. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ekstrak etanol 96% buah belimbing tergolong antioksidan kuat, karena nilai IC50 kurang dari 200 µg/mL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: antioksidan, DPPH, ekstrak etanol 96% buah belimbing
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Sep 2008 02:10
Last Modified: 02 Mar 2011 04:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item View Item