PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STAD (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII MTs N Gondangrejo)

Khurniawati, Tri (2008) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STAD (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII MTs N Gondangrejo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030081.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran matematika melalui pendekatan STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai guru matematika di kelas VIIA MTs Negeri Gondangrejo yang berkolaborasi dengan guru matematika kelas VIIA dan Kepala Sekolah. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA MTs Negeri Gondangrejo yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian pada aspek kemampuan penalaran yaitu: 1) kemampuan mengajukan dugaan dari 8,1% menjadi 75,68% pada akhir putaran IV, 2) kemampuan memanipulasi matematika dari 5,4% menjadi 75,68% pada akhir putaran IV, 3) Kemampuan memberi alasan atau bukti terhadap kebenaran dari 0% menjadi 54,05% pada akhir putaran IV, 4) kemampuan menarik kesimpulan suatu pernyataan dari 0% menjadi 72,97% pada akhir putaran IV, 5) kemampuan memeriksa kesahihan suatu argumen dari 0% menjadi 62,16% pada akhir putaran IV, 6) kemampuan menemukan pola atau sifat suatu gejala matematis dari 10,81% menjadi 70,27% pada akhir putaran IV. Hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal bilangan pecahan dari rata-rata nilai latihan terkontrol dan mandiri pada awal putaran 32,43% menjadi 75,68% pada akhir putaran IV

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penalaran, hasil belajar, STAD
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 19 Sep 2008 03:50
Last Modified: 17 Nov 2010 11:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item