PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Pokok Bahasan Aljabar)

Mudiastuti, Yuli (2008) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Pokok Bahasan Aljabar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan aktivitas belajar matematika melalui Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif Sekolah Menengah Pertama. Aktivitas yang dimaksud disini adalah aktivitas dalam bertanya, mengemukakan ide, mengerjakan soal, aktivitas berdiskusi dalam kelompok. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Semester ganjil tahun ajaran 2007/2008. Subjek penerima tindakan siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta, sebanyak 46 siswa, subjek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta berkolaborasi dengan kepala sekolah dan peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian: 1) terdapat peningkatan aktivitas siswa dalam bertanya sebelum penelitian (13.04%), pada putaran I (26.08%), pada putaran II (52.17%), pada putaran III (71.73%). 2) terdapat peningkatan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum penelitian (8.69%), putaran I (30.43%), putaran II (45.65%), pada putaran III (69.56%). 3) terdapat kenaikan persentase aktivitas siswa dalam mengerjakan soal baik lisan, tulisan maupun maju ke depan sebelum penelitian (23.91%), pada putaran I (39.13%), pada putaran II (65.21%), pada putaran III (84.78%). 4) penerapan pembelajaran interaktif setting kooperatif dapat menaikan aktifitas siswa dalam berdiskusi kelompok sebelum penelitian (21.73%), pada putaran I (43.47%), pada putaran II (78.26%) dan pada putaran III (89.13%). Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran interaktif setting kooperatif dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, interaktif, kooperatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 19 Sep 2008 03:45
Last Modified: 02 Jan 2012 09:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item