PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PERHATIAN SISWA TERHADAP TINGKAT PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SOAL CERITA POKOK BAHASAN RUANG DIMENSI TIGA SISWA KELAS X SMU NEGERI 3 SUKOHARJO

Ansis,, Eko Wati (2008) PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PERHATIAN SISWA TERHADAP TINGKAT PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SOAL CERITA POKOK BAHASAN RUANG DIMENSI TIGA SISWA KELAS X SMU NEGERI 3 SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengtahui apakah ada pengaruh (1) kemampuan pemecahan masalah terhadap tingkat prestasi belajar siswa, pada soal cerita pokok bahasan ruang dimensi tiga (2) perhatian siswa terhadap tingkat prestasi belajar siswa pada soal cerita pokok bahasan ruang dimensi tiga (3) kemampuan pemecahan masalah dan perhatian siswa terhadap tingkat prestasi belajar siswa pada soal cerita pokok bahasan ruang dimensi tiga. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang berjumlah 75 siswa yang diambil dari populasi. Pengambilan sampel dlakukan dengan cara cluster random sampling, Pengumpulan data dilakukan dengan metode test untuk memperoleh data tentang perhatian siswa pada pelajaran matematika, dan metode wawancara sebagai metode pendukung dimana digunakan sebagai alat untuk mencari informasi informasi yang tidak diperoleh melalui angket. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji regresi, linearitas dan independensi. Pengujian prasyarat analisis dilakukan dengan menggunakan uji Llieforse untuk normalitas. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikasi 5 % menunjukan (1) thitung = 2.614 > ttabel = 1.96 yang berarti kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berpengaruh terhadap tingkat prestasi belajar matematika siswa pada soal cerita pokok bahasan ruang dimensi tiga (2) thitung = 2.379 > ttabel = 1.96 yang berarti perhatian siswa berpengaruh pada tingkat prestasi belajar matematika siswa, pada soal cerita pokok bahasan ruang dimensi tiga (3) Fhitung = 5.804 > Ftabel = 3.150 yang berarti kemampuan pemecahan masalah dan perhatian siswa berpengaruh terhadap tingkat prestasi belajar siswa, pada soal cerita pokok bahasan ruang dimensi tiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, perhatian prestasi, belajar matematika.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 19 Sep 2008 03:38
Last Modified: 17 Nov 2010 11:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item