EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE P EMBELAJARAN ANTARA METODE RESITASI DENGAN METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/ 2009

SW. , IKA WIWIN. (2009) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE P EMBELAJARAN ANTARA METODE RESITASI DENGAN METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/ 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210070196.pdf

Download (78kB)
[img] PDF
A210070196.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode mengajar yang lebih efektif antara metode resitasi dengan metode kerja kelompok dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif dengan disain penelitian eksperimen, yaitu membandingkan dua metode pembelajaran berupa metode resitasi dan metode tugas kelompok dalam pembelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumen dan teknik tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menyimpulkan bahwa: “Metode pembelajaran yang lebih efektif antara metode resitasi dengan metode kerja kelompok dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009 adalah metode resitasi.” Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata prestasi belajar yang diperoleh siswa dengan metode resitasi lebih tinggi dibandingkan dengan metode kelompok kerja, yaitu 80,32 > 73,53. Perbedaan prestasi belajar yang dihasilkan kedua metode pembelajaran tersebut berbeda signifikan secara statistik. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil uji t sebesar 3,990 yang signifikan pada  = 0,05. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode resitasi lebih efektif dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009 dibandingkan dengan metode kerja kelompok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode resitasi, metode belajar kelompok.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 26 Nov 2009 08:17
Last Modified: 15 Nov 2010 23:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5038

Actions (login required)

View Item View Item