STUDI KOMPARASI BELAJAR KELOMPOK DAN BELAJAR TIDAK KELOMPOK KAITANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI IPS (PENELITIAN PADA SISWA SMP N 1 KEMUSU BOYOLALI)

SATYARINI , WAHYU (2009) STUDI KOMPARASI BELAJAR KELOMPOK DAN BELAJAR TIDAK KELOMPOK KAITANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI IPS (PENELITIAN PADA SISWA SMP N 1 KEMUSU BOYOLALI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210070195.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img]
Preview
PDF
A210070195.pdf

Download (86kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar pada siswa yang belajar kelompok dengan siswa yang belajar tidak kelompok dalam bidang studi IPS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi-experimental research). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kemusu Boyolali. Penelitian dilakukan pada kelas VIII. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kemusi Boyolali, yaitu siswa VIII A dan kelas VIII B tahun pelajaran 2008/2009. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumen dan tes. Analisis data dalam penelitian ini meliputi uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: “ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan dalam bidang studi IPS antara siswa yang belajar kelompok dengan siswa yang belajar tidak kelompok”. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t statistik sebesar 2,912 yang signifikan pada  = 0,05. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa dengan metode belajar kelompok lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa dengan metode belajar tidak kelompok, yaitu 75,90 > 70,60. Hal tersebut mengindikasikan bahwa belajar secara kelompok dapat menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan cara belajar tidak kelompok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: studi komparasi, belajar kelompok, belajar tidak kelompok, dan prestasi belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 26 Nov 2009 08:11
Last Modified: 15 Nov 2010 23:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5037

Actions (login required)

View Item View Item