PENGARUH RESPON SISWA PADA METODE PEMBERIAN TUGAS DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TATA BUKU SISWA KELAS VIII SMP N 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009

MAYASARI , NOFI (2009) PENGARUH RESPON SISWA PADA METODE PEMBERIAN TUGAS DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TATA BUKU SISWA KELAS VIII SMP N 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210070113.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img]
Preview
PDF
A210070113.pdf

Download (130kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pengaruh dan berapa besar pengaruh respon siswa pada metode pemberian tugas terhadap prestasi belajar siswa. 2. Pengaruh dan berapa besar pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. 3. Pengaruh dan berapa besar pengaruh respon siswa pada metode pemberian tugas dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMP N 2 Sawit. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Sawit dengan jumlah 243 dan sample yang digunakan sebanyak 61 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan program SPSS for Windows 11.0. Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu bdilakukan pengujian instrumen yaitu validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y= 1,553 + 0.04684X1 + 0.02626X2. Artinya jika respon siswa pada metode pemberian tugas dan kedisiplinan siswa tidak ada maka prestasi belajar sebesar 1.553 satuan. Jika respon siswa pada metode pemberian tugas naik sebesar satu satuan akan berpengaruh terhadap prestasi belajar yang meningkat sebesar 0.04684 satuan dengan asumsi variable lainya tetap dan jika kedisiplinan siswa meningkat satu satuan maka berpengaruh terhadap prestasi belajar yang akan meningkat sebesar 0.02626 satuan dengan asumsi variable lainya tetap. Variable respon siswa pada metode pemberian tugas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas thitung untuk variabel respon siswa pada metode pemberian tugas sebesar 0,001 (ρ < 0,05). Variabel kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas thitung untuk variabel kedisiplinan sebesar 0,003 (p < 0,05). Hasil uji F menunjukkan bahwa respon siswa pada metode pemberian tugas dan kedisiplinan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas Fhitung sebesar 0,000 (p < 0,05). Melalui perhitungan SR% dan SE% diperoleh hasil respon siswa pada metode pemberian tugas dan kedisiplinan siswa berpengaruh sebesar 45,16% terhadap prestasi belajar siswa dengan kontribusi paling besar (dominan) adalah respon siswa pada metode pemberian tugas sebesar 24,09% dan kedisiplinan siswa sebesar 21.07%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: respon siswa pada metode pemberian tugas, kedisiplinan, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 26 Nov 2009 07:55
Last Modified: 02 Jan 2012 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5031

Actions (login required)

View Item View Item