PENGARUH GENDER DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGENAI PELAYANAN HYPERMART SOLO GRAND MALL

RAHAYU , SRI REJEKI (2009) PENGARUH GENDER DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGENAI PELAYANAN HYPERMART SOLO GRAND MALL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210070049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img]
Preview
PDF
A210070049.pdf

Download (43kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Pengaruh gender terhadap kepuasan konsumen mengenai pelayanan (2) Pengaruh tingkat pendidikan terhadap kepuasan konsumen mengenai pelayanan (3) Pengaruh gender dan tingkat pendidikan terhadap kepuasan konsumen mengenai pelayanan Hypermart Solo Grand Mall. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Hypermart Solo Grand Mall. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden diambil dengan teknik convenience sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi (R2) serta sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gender berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen mengenai pelayanan. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh t hitung sebesar 5,432 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi gender terhadap kepuasan konsumen mengenai pelayanan adalah 24,6% (2) Tingkat pendidikan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen mengenai pelayanan. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh t hitung sebesar 5,843 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi tingkat pendidikan terhadap kepuasan konsumen mengenai pelayanan adalah 27,5% (3) Terbukti dari hasil uji F yang memperoleh F hitung sebesar 52,778 diterima pada taraf signifikansi 5%. Persamaan regresi Y=11,838 + 9,180X1 – 7,750X2 yang menunjukkan kepuasan konsumen mengenai pelayanan dipengaruhi oleh gender dan tingkat pendidikan. Gender dan tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen mengenai pelayanan sebesar 52,1% sedangkan sisanya sebesar 47,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: gender, tingkat pendidikan, kepuasan konsumen, pelayanan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2009 07:50
Last Modified: 15 Nov 2010 23:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5030

Actions (login required)

View Item View Item