KONTRIBUSI PENDAYAGUNAAN ALAT MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA

Luthfiyati, Lizna (2008) KONTRIBUSI PENDAYAGUNAAN ALAT MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan hasil belajar matematika antara pengajaran dengan pendayagunaan alat manipulatif dan pengajaran dengan tidak menggunakan alat manipulatif, perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang minat belajarnya rendah, sedang dan tinggi, serta untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara pengajaran menggunakan alat manipulatif dan minat belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester I MTs Negeri 1 Jatinom tahun ajaran 2007/2008, yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah siswa sebanyka 220 siswa. Sampel digunakan sebanyak 88 siswa yang diambil dengan cara Cluster Sampling dengan cara undian dan hasil dari tehnik ini adalah kelas VIII B sebagai kelas kontrol, VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan frekuensi tak sama yang sebelumnya diuji persyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian pada α = 5% menunjukan bahwa: 1). Terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara pengajaran dengan pendayagunaan alat manipulatif dan pengajaran dengan tidak menggunakan alat manipulatif. hal ini ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 8.726 > Ftabel = 4,001. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang minat belajarnya tinggi, sedang dan rendah. Hal ini ditunjukkan oleh harga Fhitung = 6,616 > Ftabel = 3,150. 3) Tidak terdapat interaksi antara pengajaran dengan pendayagunaan alat manipulatif dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukkan oleh harga Fhitung = 1,008 < Ftabel = 3,150.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Manipulatif, Minat Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 19 Sep 2008 02:52
Last Modified: 17 Nov 2010 11:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

View Item View Item