PENGARUH MINAT BELAJAR DAN TES PENJURUSAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK KATOLIK ST. LOUIS” RANDUBLATUNG TAHUN PELAJARAN 2007/2008

SUDARYANTO , EKO (2009) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN TES PENJURUSAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK KATOLIK ST. LOUIS” RANDUBLATUNG TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210070048.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img]
Preview
PDF
A210070048.pdf

Download (62kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK Katolik “St. Louis” Randublatung. 2) Untuk mengetahui pengaruh tes penjurusan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Katolik “St. Louis” Randublatung. 3) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan tes penjurusan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Katolik “St. Louis” Randublatung. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMK Katolik “St. Louis” Randublatung tahun pelajaran 2007/2008 sejumlah 224 siswa. Sampel diambil dengan teknik Proportional Random Sampling sejumlah 56 siswa. Teknik pengumpulan data variabel minat belajar digunakan kuesioner / skala likert (angket), tes penjurusan dan prestasi belajar digunakan teknik documenter. Teknik analisis data digunakan analisa regresi ganda (terdiri dari : uji t dan uji F) Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dari uji t diperoleh nilai sebesar 3,318 diterima pada taraf signifikansi 5% atau probabilitas p lebih kecil dari 0,05 (0,002 < 0,05). 2) Tes Penjurusan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dari uji t diperoleh nilai sebesar 10,915 diterima pada taraf signifikansi 5% atau probabilitas p lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). 3) Minat belajar dan tes penjurusan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dari uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 77,466 diterima pada taraf siknifikansi 5% atau probabilitas F lebih kecil dari 0,05(0,000 < 0,05). Dengan diperoleh persamaan regresi Y = 38,387 + 0,015 X1 + 3,916 X2 .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Tes Penjurusan, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 26 Nov 2009 07:45
Last Modified: 24 Oct 2011 04:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5028

Actions (login required)

View Item View Item