PENGARUH PROFESIONALISME, LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 1 MOJOGEDANG KARANGANYAR

DEVI ASTIATI , PARAMYTA (2009) PENGARUH PROFESIONALISME, LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 1 MOJOGEDANG KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050176.pdf

Download (95kB)
[img] PDF
A210050176.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

PENGARUH PROFESIONALISME, LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 1 MOJOGEDANG KARANGANYAR Paramyta Devi Astiati Sari. A 210 050 176. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh profesionalisme terhadap kinerja guru; 2) pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kinerja guru; 3) pengaruh pengalaman mengajar terhadap kinerja guru; 4) pengaruh profesionalisme, latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar secara bersama terhadap kinerja guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMP N 1 Mojogedang Karanganyar yang berjumlah 39 orang. Seluruh populasi diambil sebagai sampel, sehingga disebut penelitian populasi. Penelitian ini tidak menggunakan teknik sampling karena seluruh populasi diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan regresi: Y = 24,944 + 0,460.X1 + 0,440.X¬2 + 0,403.X3. Artinya kinerja guru dipengaruhi oleh profesionalisme, latar belakang pendidikan, dan pengalaman mengajar. Berdasarkan hasil di atas, maka diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Profesionalisme berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Mojogedang Karanganyar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = 2,404 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi variabel profesionalisme terhadap kinerja guru adalah sebesar 22,8%. 2) Latar belakang pendidikan berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Mojogedang Karanganyar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2 = 2,627 diterima pada taraf signifikansi 5% dan hipotesis kedua dapat diterima. Kontribusi variabel latar belakang pendidikan terhadap kinerja guru adalah sebesar 33,7%. 3) Pengalaman mengajar berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Mojogedang Karanganyar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X3 = 3,094 diterima pada taraf signifikansi 5% dan hipotesis ketiga dapat diterima. Kontribusi variabel pengalaman mengajar terhadap kinerja guru adalah sebesar 25,2%. 4) Profesionalisme, latar belakang pendidikan, dan pengalaman mengajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 52,303 diterima pada taraf signifikansi 5% dan hipotesis keempat dapat diterima. Secara keseluruhan variabel profesionalisme, latar belakang pendidikan, dan pengalaman mengajar memberikan sumbangan sebesar 81,8% terhadap kinerja guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: profesionalisme, latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, kinerja guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 26 Nov 2009 07:39
Last Modified: 08 Feb 2011 05:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5026

Actions (login required)

View Item View Item