KONTRIBUSI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DAN MEDIA KOMPUTER PROGRAM MATLAB MELALUI POLA LATIHAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI (Pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta)

MULYANI, SRI (2007) KONTRIBUSI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DAN MEDIA KOMPUTER PROGRAM MATLAB MELALUI POLA LATIHAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI (Pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410010100.pdf

Download (101kB)
[img] PDF
A410010100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kontribusi yang segnifikan hasil belajar matematika siswa yang ditinjau dari pendekatan problem solving dan media komputer program MATLAB melalui bantuan pola latihan interaktif, (2) Kontribusi yang segnifikan hasil belajar matematika siswa yang ditinjau dari motivasi tinggi, sedang dan rendah, (3) Interaksi antara pendekatan problem solving dan media komputer program MATLAB melalui pola latihan interaktif terhadap motivasi siswa. Penelitian ini dilakukan dikelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta semester I tahun 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta sebanyak 98 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sebagai sampel diambil 50 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, metode angket, metode dokumentasi, dan metode observasi. Pengujian prasyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.berdasarkan hasil penelitian ini, dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat kontribusi yang segnifikan hasil belajar matematika siswa yang ditinjau dari pendekatan problem solving dan media komputer program MATLAB melalui bantuan pola latihan interaktif dengan Fhitung = 4,274, (2) Terdapat kontribusi yang segnifikan hasil belajar matematika siswa yang ditinjau dari motivasi tinggi, sedang dan rendah dengan Fhitung = 23,968, (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan problem solving dan media komputer program MATLAB melalui pola latihan interaktif terhadap motivasi belajar siswa dengan Fhitung = 1,494. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan problem solving dan media komputer program MATLAB ditinjau dari motivasi siswa yang tinggi memberikan kontribusi yang positif terhadap hasil belajar matematika siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Program MATLAB, Hasil belajar, Motivasi belajar, Pola Latihan Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2009 04:47
Last Modified: 16 Nov 2010 00:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5014

Actions (login required)

View Item View Item