UMS ETD-db

PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) (PTK Pembelajaran Matematika di SMA N 1 Subah Batang)

Romawijaya, Dani (2008) PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) (PTK Pembelajaran Matematika di SMA N 1 Subah Batang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

2MB

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui software Microsoft Powerpoint pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Subah yang berjumlah 42 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan yaitu (1) motivasi siswa dalam bertanya meningkat dari 0% sebelum tindakan menjadi 9,52% setelah tindakan, (2) motivasi siswa dalam mengerjakan soal meningkat dari 71,42 % sebelum tindakan menjadi 83,33% setelah tindakan, (3) motivasi siswa mengerjakan soal didepan kelas meningkat dari 7,14 % sebelum tindakan menjadi 19,04% setelah tindakan, (4) motivasi siswa berani mengemukakan pendapat sendiri meningkat dari 0 % sebelum tindakan menjadi 11,90% setelah tindakan, (5) motivasi siswa dalam menjawab pertanyaan guru meningkat dari 2,38% sebelum tindakan menjadi 14,28% setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:A410030064
Uncontrolled Keywords:Motivasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),
Subjects:L Education > LC Special aspects of education
Divisions:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
ID Code:500
Deposited By: Ken Retno Yuniwati
Deposited On:18 Sep 2008 06:24
Last Modified:30 Dec 2010 08:44

Repository Staff Only: item control page