PENGARUH KOMUNIKASI GURU-SISWA DAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X DAN XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKART

Sari, Wibriari Ika Maya (2009) PENGARUH KOMUNIKASI GURU-SISWA DAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X DAN XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKART. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050170.pdf

Download (966kB)
[img] PDF
A210050170.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mengetahui pengaruh komunikasi guru-siswa terhadap prestasi belajar siswa, 2. Mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa dan 3. Mengetahui pengaruh komunikasi guru-siswa dan bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X dan XI di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Penelitian mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Dalam penelitian ini anggota populasi adalah sebanyak 200 orang, sampel diambil sebanyak 127 siswa. Data komunikasi guru-siswa dan bimbingan orang tua diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar diperoleh melalui dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa komunikasi guru-siswa dan bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi diperoleh persamaan regresi : Y = 21,368 + 0,616X1 + 0,574X2. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 100,602 > 3,07 (taraf signifikansi 5%) berarti antara komunikasi guru-siswa dan bimbingan orang tua secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Uji t untuk variabel komunikasi guru-siswa diperoleh thitung > dari ttabel atau 9,285 > 1,98 dan untuk variabel bimbingan orang tua diperoleh thitung > ttabel atau 6,034 > 1,98 (taraf signifikansi 5%). Kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X dan XI di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta.. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,619 ini menunjukkan bahwa variabel komunikasi guru-siswa dan bimbingan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 61,9%. Sedangkan sisanya sebesar 38,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Besarnya sumbangan relaif untuk variabel X1 sebesar 65%, untuk X2 sebesar 35% dan besarnya sumbangan efektif untuk X1 sebesar 40% dan untuk X2 sebesar 22%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi guru-siswa, bimbingan orang tua, dan prestasi belajar ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 24 Nov 2009 08:46
Last Modified: 16 Nov 2010 00:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4975

Actions (login required)

View Item View Item