PENGARUH TIPOLOGI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI BIAYA PADA MAHASISWA FKIP PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2006/2007

Marfuah, Siti (2009) PENGARUH TIPOLOGI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI BIAYA PADA MAHASISWA FKIP PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050166.pdf

Download (66kB)
[img] PDF
A210050166.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan dan mengetahui perbedaan kesulitan belajar akuntansi biaya antara tipologi belajar (visual, auditori, dan kinestetik). 2) Mendeskripsikan dan mengetahui perbedaan prestasi belajar akuntansi biaya antara tipologi belajar (visual, auditori, dan kinestetik). 3) Mendeskripsikan dan mengetahui perbedaan tipologi belajar (visual, auditori, dan kinestetik) dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif jenis komparatif yang bermaksud membandingkan antar tipologi belajar dan kesulitan belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2006/2007 semester 6 (enam) yang sudah menempuh mata kuliah Akuntansi Biaya I sejumlah 150 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 75 orang mahasiswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui teknik dokumentasi dan angket. Angket diujicobakan terlebih dahulu kemudian diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji anava dua jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kesulitan belajar ditinjau dari jenis tipologi belajar mahasiswa. Hasil uji anava memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (3,664 > 3,15) pada taraf signifikansi 5%. Mahasiswa yang memiliki tipologi belajar kinestetik mengalami kesulitan belajar yang lebih tinggi (2,333) dibandingkan tipologi belajar visual (1,850) dan auditori (2,216). 2) Terdapat perbedaan prestasi belajar ditinjau dari tipologi belajar mahasiswa. Hasil uji anava memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (6,475 > 3,15) pada taraf signifikansi 5%. Mahasiswa yang memiliki tipologi belajar kinestetik memperoleh prestasi belajar yang lebih tinggi (3,500) dibandingkan tipologi belajar visual (2,900) dan auditori (2,892). Artinya tipologi belajar kinestetik mencapai prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan tipologi belajar visual dan auditori. 3) Terdapat perbedaan prestasi belajar ditinjau dari tipologi belajar dan kesulitan belajar mahasiswa. Hasil uji anava dua jalur memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (3,547 > 2,54) pada taraf signifikansi 5%. Artinya interaksi tipologi belajar dan kesulitan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tipologi- belajar, kesulitan-belajar, prestasi-belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 24 Nov 2009 08:40
Last Modified: 02 Jan 2012 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4974

Actions (login required)

View Item View Item