PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN TERHADAP PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN (PADA PT. TUNGGAL DARA INDONESIA DI WONOGIRI)

Qotimah, Qusnul (2009) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN TERHADAP PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN (PADA PT. TUNGGAL DARA INDONESIA DI WONOGIRI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050160.pdf

Download (749kB)
[img] PDF
A210050160.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap peningkatan kepuasan pelanggan, 2) Mengetahui pengaruh pemberdayaan karyawan terhadap peningkatan kepuasan pelanggan, dan 3) Mengetahui kepemimpinan dan pemberdayaan karyawan secara bersama-sama berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pelanggan pada PT. Tunggal Dara di Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi yaitu sebanyak 89 orang dan tidak terdapat sampel pengambilan sampel menggunakan random msampling yaitu pengambilan subyeknya secara acak atau tanpa pandang bulu. Metode pengumpulan data diperoleh melalui metode angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2). Hasil analisis menunjukkan bahwa persamaan regresi : Y = 0,469 + 0,321X1 + 1,025X2. Artinya X1 gaya kepemimpinan dan X2 pemberdayaan karyawan berpengaruh secara signifikan terhadap Y peningkatan kepuasan pelanggan. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 57,05 > 3,10 (taraf signifikansi 5%) berarti antara gaya kepemimpinan (X1) dan pemberdayaan karyawan (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y). Uji t untuk variabel gaya kepemimpinan diperoleh thitung > dari ttabel atau 3,801 > 1,99 dan untuk variabel pemberdayaan karyawan thitung > ttabel atau 7,403 > 1,99 (taraf signifikansi 5%). Kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Tunggal Dara Indonesia di Wonogiri. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,57 ini menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan dan pemberdayaan karyawan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 57%. Sedangkan sisanya sebesar 43% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan, pemberdayaan karyawan, dan kepuasan pelanggan
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 02 Dec 2009 01:58
Last Modified: 16 Nov 2010 00:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4971

Actions (login required)

View Item View Item