PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta)

Rachmawati, Latifa (2009) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050216.pdf

Download (34kB)
[img] PDF
A410050216.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran matematika dengan metode course review horay dan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa, 2) mengetahui bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode course review horay lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling kemudian ditentukan kelas eksperimen sebanyak 40 siswa yaitu kelas VIII D dan kelas kontrol sebanyak sebanyak 40 siswa yaitu kelas VIII C. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus ttest yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil analisis data pada = 5 % diperoleh ttabel = 1,645 dan thitung = 2,1065. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran matematika dengan metode course review horay dan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran. Selain itu diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen = 72,55 dan rata-rata pada kelas kontrol = 60,15. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode course review horay mempunyai pengaruh yang lebih baik terhadap prestasi belajar siswa dibanding dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, matematika, lingkaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2009 03:07
Last Modified: 02 Jan 2012 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4919

Actions (login required)

View Item View Item