EKSPERIMEN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA (Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Nogosari Boyolali Tahun 2008/2009)

Mursitowati, Dyah (2009) EKSPERIMEN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA (Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Nogosari Boyolali Tahun 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050214.pdf

Download (133kB)
[img] PDF
A410050214.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh model pembelajaran MMP terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Interaksi antara model pembelajaran MMP dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2008/2009. Sebagai sampel yang diambil dua kelas yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian ini, dengan α = 5% dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran MMP dengan model konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan Fobs = 14,89. (2) tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fobs = 0,04. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fobs = 0,28, ini berarti model MMP lebih efektif dari model konvensional yang tidak tergantung pada kemandirian belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MMP, pembelajaran, kemandirian.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2009 02:59
Last Modified: 16 Nov 2010 00:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4917

Actions (login required)

View Item View Item