HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP DOSEN PEMBIMBING DENGAN TINGKAT STRESS DALAM MENULIS SKRIPSI

Januarti, Rozi (2009) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP DOSEN PEMBIMBING DENGAN TINGKAT STRESS DALAM MENULIS SKRIPSI. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100050098.pdf

Download (132kB)
[img] PDF
F100050098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/f100/F1000...

Abstract

Skripsi adalah karya yang ditulis mahasiswa yang diwajibkan sebagai bagian dari persyaratan pendidikan akademis di Perguruan Tinggi. Skripsi adalah karya tulis yang ditunggu oleh mahasiswa sekaligus menjadi tekanan bagi sebagian mahasiswa yang lain. Permasalahan yang biasanya dihadapi mahasiswa dalam proses penulisan skripsi diantaranya kesulitan mencari judul, literatur, dana yang terbatas dan masalah dengan dosen pembimbing. Kesulitan-kesulitan tersebut pada akhirnya dapat menyebabkan stress, rendah diri, frustrasi, kehilangan motivasi, menunda menyelesaikan skripsi dan bahkan ada yang memutuskan untuk tidak menyelesaikan skripsinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap dosen pembimbing skripsi dengan tingkat stress dalam menulis skripsi. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara dosen pembimbing skripsi dengan tingkat stress dalam menulis skripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas psikologi yang sedang menulis skripsi angkatan 2004-2005 yang berjumlah 177 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive non random sampling, dengan ciri-ciri: 1) mahasiswa aktif, 2) mahasiswa angkatan 2004-2005, 3) sudah melakukan bimbingan dengan pembimbing skripsi minimal 5 kali. Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment dari Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,332; p= 0,018 (p < 0,05) artinya ada hubungan negatif yang signifikan antara persepsi terhadap dosen pembimbing skripsi dengan tingkat stress dalam menulis skripsi. Sumbangan efektif persepsi terhadap dosen pembimbing terhadap tingkat stress dalam menulis skripsi sebesar 11%. Berarti masih terdapat 89% variabel lain yang mempengaruhi tingkat stress dalam menulis skripsi di luar variabel persepsi terhadap dosen pembimbing seperti kesulitan mencari judul untuk skripsi, kesulitan mencari literatur dan bahan bacaan. Berdasarkan hasil analisis diketahui variabel persepsi terhadap dosen pembimbing mempunyai rerata empirik (RE) = 89,180 dan rerata hipotetik (RH) = 80 yang berarti persepsi mahasiswa terhadap dosen pembimbing skripsi tergolong tinggi. Variabel tingkat stress dalam menulis skripsi diketahui rerata empirik (RE) = 71,980 dan rerata hipotetik (RH) = 80 yang berarti tingkat stress dalam menulis skripsi pada subjek penelitian tergolong sedang. Berdasarkan hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara persepsi terhadap dosen pembimbing skripsi dengan tingkat stress dalam menulis skripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menyebabkan stress, rendah diri, frustrasi, kehilangan motivasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 23 Nov 2009 06:39
Last Modified: 30 May 2011 09:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4890

Actions (login required)

View Item View Item