PERBEDAAN KEMATANGAN SOSIAL ANAK DITINJAU DARI KEIKUTSERTAAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH (PLAYGROUP)

WULANDARI, ANIK (2009) PERBEDAAN KEMATANGAN SOSIAL ANAK DITINJAU DARI KEIKUTSERTAAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH (PLAYGROUP). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100050094.PDF

Download (54kB)
[img] PDF
F100050094.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/f100/F1000...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi perbedaan kematangan sosial antara anak yang mengikuti dan tidak mengikuti pendidikan prasekolah (playgroup). Populasi dalam penelitian ini adalah anak playgroup dan non playgroup yang berusia 3-5 tahun yang tinggal di wilayah Pasar Kliwon Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive area non random sampling. Subyek penelitian sebanyak 34 anak, yang terdiri dari 19 anak playgroup dan 15 anak non playgroup. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan Vineland Social Maturity Scale (VSMS). Alat ukur ini, sudah teruji reliabilitas dan validitasnya. Reliabilitas dilakukan dengan teknik tes-retes, dalam jangka waktu antara satu hari sampai dengan sembilan bulan. Hasilnya menunjukkan angka 0,90 untuk indeks reliabilitas tes-retes, sedangkan validitas menunjukkan angka 0,31 sampai 0,54 ( dalam Anastasi dan Urbina, 2006). Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh nilai uji-t antar A (A1-A2) sebesar -2,859 dengan p < 0, 001. Hasil ini berarti ada perbedaan yang sangat signifikan antara kematangan sosial anak yang mengikuti dan tidak mengikuti pendidikan prasekolah (playgroup). Hasil tersebut ditunjukkan juga dengan mean semua aspek kematangan sosial anak playgroup lebih tinggi dibandingkan mean anak yang tidak mengikuti playgroup. Nilai rerata empirik anak playgroup sebesar 5,384 dan nilai rerata empirik anak yang tidak mengikuti playgroup sebesar 4, 177, hal ini berarti kematangan sosial anak yang mengikuti pendidikan prasekolah playgroup lebih baik dibandingkan kematangan sosial anak yang tidak mengikuti pendidikan prasekolah (playgroup).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kematangan sosial anak ,pendidikan prasekolah (playgroup)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 23 Nov 2009 06:29
Last Modified: 06 Jan 2012 04:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4889

Actions (login required)

View Item View Item